Inilah Masalah Smartphone Xiaomi dan Cara Mengatasinya

Inilah Masalah Smartphone Xiaomi dan Cara Mengatasinya
Photo: alltekno.com

Pada tahun 2012 sebuah vendor Ponsel bernama Xiaomi mengeluarkan produk smartphonenya ke pasaran. Respon yang luar biasa oleh konsumen sudah diterima oleh vendor itu. Hingga dalam waktu yang relative singkat, Xiaomi dapat menggebrak pasar smarthphone yang sebelumnya telah dikuasai oleh beberapa vendor lain.

Munculnya Ponsel Xiaomi ke pasaran sudah menghadirkan pilihan baru yang menarik buat konsumen smartphone. Ini terjadi sebab Xiaomi memiliki komitmen selalu untuk dapat menghadirkan sebuah jenis smartphone yang memiliki kualitas premium namun memiliki harga yang terjangkau untuk pengguna di Indonesia.

Tidak heran bila selama tahun terakhir kehadiran Xiaomi banyak disegani dan diakui. Prinsip Xiaomi yang memberikan pada konsumen sebuah produk hp yang berkualitas tinggi ajab tapi dengan harga yang murah ini, tidak jarang membuat konsumen temukan beberapa persoalan yang terjadi.

Berikut beberapa permasalahan yang biasa berlangsung pada hp Xiaomi dan cara mengatasinya, simak ulasan berikut.

1. Boros Baterai Waktu Gunakan Wifi

Baterai Xiaomi jauh akan cepat habis atau boros saat terhubung dengan jaringan wifi. Walau sebenarnya sinkronisasi emailnya telah dinon-aktifkan. Ini terjadi sebab Xiaomi tidak hanya melakukan sinkronasi e-mail, Xiaomi seringkali lakukan pembackupan pada Mi-Cloud. Sebab pem-backup-an berikut yang menyebabkan baterai Ponsel Xiaomi jadi cepat habis.

Untuk dapat mengatasi persoalan ini. Anda dapat lakukan sign out pada Mi Akun untuk menghapus adanya proses pem-backup-an . Mi Account dapat digunakan untuk download theme yang anda inginkan, namun bila anda tidak menggunakannya juga tidak terjadi permasalahan.

Baca juga: 5 Alasan Xiaomi Bakal Jual Mahal Harga Smartphone-nya

2. Hilangnya Jaringan 4G

Terhalang aturan TKDN, Xiaomi terpaksa harus hilangkan dukungan jaringan 4G pada smartphonenya yang berada di Indonesia. Smartphone Xiaomi yang 4G-nya hilang ialah Redmi 3 dan Redmi Note 3 Pro yang di jual di Indonesia setelah mendapatkan update MIUI versi global.

Untuk mengembalikan 4G Xiaomi yang hilang, kamu harus mengembalikan ROM smartphone Xiaomi milikmu ke ROM China dengan cara flash lagi. Kamu dapat temukan tutorial flash lagi ROM Xiaomi di forum MIUI.

3. Kontak Whatsapp Tidak Kelihatan

Whatsapp adalah media sosial berbasis aplikasi yang memungkinkan anda untuk melakukan chatting, voice call atau video call. Whatsapp dapat diunduh di Playstore atau app store. Bila anda menggunakan Ponsel Xiaomi karena itu bisa jadi anda akan mengalami permasalahan kontak whatsapp tidak kelihatan atau tidak tampil.

Bila anda temukan masalah itu, Anda tak perlu cemas atau khawatir. Karena ini dapat Anda atasi dengan setting ulang whatsapp. Triknya anda masuk pada pengaturan, lalu pilih menu security, lalu pilih permissions serta mencari whatsapp. Terakhir beri tanda ceklis pada kontak.

4. Notifikasi Actifation SIM Card

Masalah selanjutnya yang seringkali muncul di Ponsel Xiaomi ialah munculnya pemberitahuan “SIM Card is Not Activated”. Bila Anda tidak melakukan verifikasi nomor hp Anda pa Mi Account karena itu yang akan terjadi ialah hal demikian. Akan ada notifikasi sim card yang tidak aktif padahal pasti sim card anda ada dalam keadaan aktif. Tentunya ini sangat mengganggu.

Tetapi anda tak perlu khawatir karena tiap masalah tentu ada jalan keluarnya, anda dapat mengaktifkan atau mendaftarkan nomor ponsel anda pada Mi account dengan cara buka http://i.mi.com. Lalu masukan nomor hp anda yang ingin anda daftarkan di Mi Account, dan nantikan SMS verifikasi masuk. Bila telah terdaftar karena itu notifikasi sim card tidak muncul.

5. Tidak Terdapat Recovery Setting

Adanya recovery seting pada smartphone berbasiskan Android sangat penting, sebab recovery setting ini dipakai untuk mengupdate sistem dengan mudah. Diluar itu, recovery setting berfungsi jadi tempat backup serta wipe data pada Android. Namun semua Ponsel Xiaomi yang diluncurkan dari akhir tahun 2015 sampai 2016 tidak dilengkapi dengan layanan recovery setting itu. Sebab smartphone Xiaomi terbaru mengalami lock-bootlooder.

Untuk bisa melengkapi smatphone anda dengan sarana recovery setting, Anda harus meng-unlock bootlooder Xiaomi anda terlebih dulu. Caranya anda dapat ajukan perintah untuk un-lock bootlooder Xiaomi lewat situs http://en.miui.com/unlock dan ikuti perintah seterusnya. Setelah anda berhasil meng-unlock karena itu anda dapat memasang recovery setting dengan memakai Adb command.

Baca juga: Intip Fitur Terbaru Xiaomi Update Software Antarmuka Ponsel MIUI 11

6. Google Now Tidak Jalan

Google Now adalah layanan asisten suara di platform Android. Sama dengan SIRI, kamu dapat memberikan perintah suara ke smartphone cukup dengan mengucapkan 'OK Google', lalu dibarengi perintah yang ingin kamu berikan. Nah, di Xiaomi ternyata perintah 'OK Google' tidak dapat digunakan dengan default.

Bila kamu terbiasa menggunakan Google Now serta ingin aktifkan fitur 'OK Google' dari penampilan mana juga, kamu dapat kok mengaktifkannya. Caranya dengan masuk ke menu 'Security' - 'Permissions'. Dibagian Permissions cari Google App, dan beri ceklis dibagian 'Modify system setting'.

7. Overlay Ikon Aplikasi Hilang

Ingat dengan panduan Cara Merubah Smartphone Android Secanggih iPhone 6s? Disana Jaka bagi aplikasi Smart Touch yang akan menampilkan tombol overlay seperti iPhone 6s. Contoh overlay di ikon aplikasi lainnya ialah Head Chat Facebook Messenger. Nah, overlay icon ini tidak dapat ada demikian saja di Xiaomi sebab memang sistem MIUI membuat begitu.

Supaya ikon overlay dapat muncul di smartphone Xiaomi kamu, caranya dengan memberi akses Display pop-up Windows. Kamu dapat mengaktifkannya di menu 'Security' - 'Permissions'. Pada tab 'Permissions', beri akses 'Display pop-up Windows'.

Nah, itulah  permasalahan pada ponsel xiaomi dan bagaimana cara mengatasinya dengan mudah yang bisa Anda lakukan pada perangkat tersebut jika mengalaminya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel