3 Jenis Media Penyimpanan Data dan Kegunaan Yang Wajib Kamu Ketahui

3 Jenis Media Penyimpanan Data Yang Wajib Kamu Ketahui
Photo: Kangmuizz.com

Salah satu perangkat keras komputer yang berkembang begitu pesat adalah media penyimpanan data. Fungsi dari perangkat penyimpanan data ini sangat berperan penting dalam sebuah komputer.

Selain sebagai media penyimpanan data perangkat ini juga berfungsi sebagai pengatur berjalannya sebuah proses pada komputer. Salah satu media penyimpanan data yang sering kita kenal adalah harddisk, sedangkan untuk media penyimpanan pada smartphone yang sering dipakai adalah memori card.

Saat ini media penyimpanan pada komputer dibagi menjadi 3 jenis yakni penyimpanan magnetic ( magnetic disk ), penyimpanan optical ( optical disk ) serta penyimpanan yang berbasis online ( cloud storage ). Kali ini kami akan membahas tentang 3 jenis penyimpanan tersebut sehingga kamu akan lebih mengetahuinya. Yuk, simak baik-baik di sini!


1. Penyimpanan Magnetik ( Magnetic Disk )


Penyimpanan Magnetik ( Magnetic Disk )
Photo: tvtropis.org

Magnetic disk merupakan salah satu media penyimpanan data pada komputer modern dan termasuk penyimpanan kedua atau secondary storage.

Kelebihan menggunakan media penyimpanan jenis ini adalah memiliki kapasitas yang besar mencapai petabita serta kecepatan mengakses data yang dimilikinya begitu tinggi, jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya. Sedangkan kekurangan menggunakan media penyimpanan ini dari segi harga yang ditawarkan lebih mahal ketimbang media penyimpanan lain.

Contoh dari media penyimpanan magnetik ini diantaranya seperti flashdisk, disket, harddisk, memory card, ZIP drive, dan keluaran terbaru yang terkenal saat ini adalah SSD.

Cara kerja dari media penyimpanan data ini adalah ketika disk digunakan, motor drive yang terdapat di dalamnya akan berputar dan menjalankan semua komponen yang terhubung sehingga media penyimpanan ini bisa bekerja dengan baik.

Back to Content

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer Atau Laptop

2. Penyimpanan Optical ( Optical Disk )


Penyimpanan Optical ( Optical Disk )
Photo: pixcove.com

Optical disk merupakan salah satu media penyimpanan data yang dapat dibaca maupun ditulis dengan tenaga laser. Kelebihan menggunakan optical disk sendiri memiliki bentuk yang simple serta ringan.

Sedangkan kekurangan menggunakan media penyimpanan berbasis optical disk ini adalah kapasitas memori tidak sebesar yang dimiliki magnetic disk dan ketika tergores sedikit saja maka optical disk ini tidak bisa digunakan serta data didalamnya tidak dapat dibaca oleh komputer.

Cara kerja dari optical disk ini berupa media penyimpanan yang dapat berputar. Cepat lambatnya putaran sebuah optical disk sendiri dapat mempengaruhi kecepatan transfer data yang dibaca oleh komputer. Contoh dari optical disk ini diantaranya seperti : DVD, CD-ROM, CD-RW, WORM dan CD.

Back to Content

Baca juga: 5 Rekomendasi Flashdisk Kapasitas 16GB yang Bagus dan Murah

3. Penyimpanan Awan ( Cloud Storage )


Penyimpanan Awan ( Cloud Storage )
Photo: it.icts.res.in

Penyimpanan Awan atau Cloud storage ini merupakan sebuah media penyimpanan data keluaran terbaru. Cloud storage berwujud online dan tidak menggunakan kapasitas data memori pada perangkat keras tetapi menggunakan penyimpanan yang terdapat di internet.

Kelebihan menggunakan media penyimpanan berbasis online ini adalah kamu tidak perlu lagi menggunakan hardware atau perangkat keras untuk menyimpan data pada komputer, laptop, maupun smartphone. Sedangkan kekurangan dari media penyimpanan online ini dapat beresiko data hilang jika terjadi kesalahan pada server.

Cara kerja dari media penyimpanan berbasis online ini kita diwajibkan untuk mengupload file yang ingin kita simpan serta mendownload file jika ingin mengambilnya.

Contoh dari penyimpanan data berbasis online ini diantaranya ada Dropbox, Google drive, One drive, Box, Mega, Ad drive, Bitcasa, Spideroak , Tencent weiyun, Qihoo dan masih banyak lainnya.

Back to Content

Itulah 3 jenis media penyimpanan data komputer yang tersedia saat ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untukmu, ya!

Belum ada Komentar untuk "3 Jenis Media Penyimpanan Data dan Kegunaan Yang Wajib Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel