Perusahaan Induk Google Berencana Untuk Musnahkan Nyamuk di Bumi

Perusahaan Induk Google Berencana Untuk Musnahkan Nyamuk di Bumi
Photo: Business Today

Belum jelas apa dampaknya ke lingkungan jika populasi nyamuk pembawa penyakit dilenyapkan sepenuhnya. Peranan ekologi dari nyamuk belum seutuhnya dipelajari. Dugaan sementara, ekologi ditempat semestinya baik-baik saja walaupun tanpa ada nyamuk.

Pendiri Microsoft Bill Gates menjelaskan nyamuk membunuh beberapa ratus ribu manusia setiap tahun. Karena itulah ia bertekad memerangi nyamuk. Belakangan, Alphabet, perusahaan induk Google diketahui ingin mengikuti langkah Gates. Lewat anak perusahaan bernama Verily yang bergerak di bidang kesehatan, Alphabet membuat rencana untuk menghilangkan nyamuk dari muka Bumi.

Caranya dengan menggunakan populasi nyamuk jantan yang menyengaja dibuat mandul alias steril hingga tidak dapat menghasilkan keturunan. Nyamuk jantan pun tidak menggigit manusia. Verily mengembangbiakkan nyamuk dari tipe Aedes aegypti dalam suatu laboratorium di San Francisco, Amerika Serikat.

Baca juga: Gak Cuma iPhone, Kini Apple Juga Siapkan iPad Pro 5G?

Robot otomatis dipakai untuk memilah-milah nyamuk dari jenis kelaminnya. Aedes aegypti sengaja diambil sebab jenis nyamuk ini dapat berkembang biak dalam tempat tinggal manusia hingga rawan menyebarkan penyakit.

Nyamuk hasil "ternak" Verily lalu dikasih Wolbachia, bakteri parasit yang membuat nyamuk mandul, di samping dapat menekan transmisi virus penyakit yang dibawa nyamuk ke manusia.

Lalu, Verily melepas beberapa nyamuk jantan supaya mengawini nyamuk betina setempat serta menulari bakteri Wolbachia. Makin lama, populasi nyamuk juga berkurang sebab tidak dapat bereproduksi.

Baca juga: Promo Paket Kuota Internet Khusus Ramadhan 2019 Untuk All Operator

Kuncinya murah untuk saat ini Verily masih terus menguji coba cara pemberantasan nyamuk itu di sejumlah daerah di negara bagian California, AS. Beberapa nyamuk dikasih penanda digital agar tempat mereka dapat dicari melalui GPS untuk kebutuhan riset.

Harapan nantnya ialah, jika dapat terbukti sukses serta dapat dilakukan dengan biaya ekonomis, cara sterile insect technique ala Verily ini dapat disebarkan ke seluruh dunia untuk membasmi nyamuk pembawa penyakit dari muka Bumi.

Belum ada Komentar untuk "Perusahaan Induk Google Berencana Untuk Musnahkan Nyamuk di Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel